Setiawan, Kadek Aldi (2021) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Masalah Untuk Pecahan Pada Siswa SD Kelas IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011063-COVER.pdf Download (290kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011063-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011063-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa game edukasi pada materi pecahan yang valid, dan praktis. Media yang dikembangkan berjudul Robin Hood Fraction menceritakan mengenai petualangan Robin Hood mencari makanan untuk membantu penduduk Desa. Petualangan dimulai dari penduduk Desa yang meminta bantuan kepada Robin Hood untuk melawan monster. Selama perjalanan, pemain diberikan petunjuk untuk menyelesaikan tantangan. Game ini berfungsi untuk mengajarkan siswa mengenai materi pecahan biasa, senilai dan campuran. Proses pengembangan game ini menggunakan model ADDIE yang hanya terbatas pada beberapa tahapan saja, yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), dan pengembangan (development). Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi. Adapun hasil dari uji validitas memperoleh skor rata-rata 4,78 dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya, peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 15 siswa kelas IV SD Negeri 3 Ubung untuk mengetahui tingkat kepraktisan dari game yang dikembangkan. Rata-rata uji kepraktisan media yang diperoleh yaitu 4,55 dengan kriteria sangat bagus. Dari hasil tersebut, ditarik kesimpulan bahwa game edukasi Robin Hood Fraction memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Robin Hood Fraction, game edukasi, berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | KADEK ALDI SETIAWAN |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 06:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 06:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7095 |
Actions (login required)
View Item |