Rahadi, I Wayan Selamet (2021) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA OPEN ENDED UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011011-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011011-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan soal yang dapat mengakomodasi ragam metode penyelesaian siswa dalam menjawab soal dan melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP kelas VIII yang valid, praktis, serta efektif. Metode penelitian Research and Development (R & D) dengan model 4-D, Define, Design, Develop, dan Disseminate. Prosedur penelitian dilakukan hingga uji coba terbatas, yang bertempat di SMP Negeri 1 Tegallalang, SMP Negeri 2 Tegallalang, SMP Negeri 3 Tegallalang, dan SMP Negeri 4 Tegallalang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes berupa soal uraian, dan angket penilaian kepraktisan soal. Soal terdiri dari 15 butir yaitu 3 butir soal memahami, 3 butir soal mengaplikasikan, 3 butir soal menganalisis, 3 butir soal mengevaluasi, dan 3 butir soal menciptakan. Banyak siswa yang digunakan sebagai sampel adalah 300 siswa, dengan materi dalam penelitian ini adalah teorema Pythagoras, lingkaran dan bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian memperoleh 12 butir soal yang valid menurut penilaian para ahli materi dan ahli lapangan dengan formula Aiken’V (5 kategori dan 4 penilai) serta valid berdasarkan perhitungan uji korelasi; tingkat kepraktisan soal tinggi; serta keefektifan soal memenuhi persentase kriteria ketuntasan minimum belajar siswa di masing-masing sekolah. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa soal matematika open ended layak digunakan sebagai tes formatif pada pembelajaran matematika SMP kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan soal, open ended, HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Wayan Selamet Rahadi |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 06:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7120 |
Actions (login required)
View Item |