Putra, I Made Adi Wira Nata (2021) KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA SERULING BALI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011010-COVER.pdf Download (601kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011010-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011010-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Putra, I Made Adi Wira Nata (2021). Kajian Etnomatematika pada Seruling Bali”. Tesis. Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha Kata kunci : Etnomatematika, Seruling Bali, Integrasi dalam pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui usur – unsur etnomatematika yang terdapat pada Seruling Bali, (2) mengetahui cara – cara seniman Seruling Bali memperoleh pengetahuan tentang etnomatematika Seruling Bali, serta mengetahui penerapan etnomatematika berkaitan dengan Seruling Bali dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah pengerajin Seruling Bali beserta seniman Seruling Bali. Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur, observasi, serta wawancara. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur etnomatematika yang terkandung pada Seruling Bali, yakni adalah adanya jargon “ping” yang berarti perkalian, “dum” yang bermakna pembagian, “ngajug” yang berkaitan dengan diameter serta “mebed” yang berkaitan dengan keliling lingkaran. Penentuan jarak lubang dan diameter lubang seruling menggunakan konsep – konsep barisan aritmatika. Penentuan panjang seruling dan penentuan nada, menggunakan konsep barisan geometri. Pengetahuan mengenai Seruling Bali yang dimiliki oleh para pengerajin didapat secara turun temurun. Pengintegrasian etnomatematika pada pembelajaran matematika di kelas VIII dapat dilakukan dengan memberikan siswa permasalahan mengenai jarak lubang dan diameter lubang seruling kemudian siswa memecahkan masalah tersebut berdasarkan pola yang mereka dapatkan dari pengamatan. Sedangkan penerapan pada pembelajaran matematika di kelas XI dapat dilakukan dengan memberikan permasalahan mengenai panjang seruling untuk masing – masing nada dasar. Selanjutnya siswa menganalisis pola yang mereka dapatkan dari pengamatan terhadap beberapa buah seruling.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Seruling Bali, Integrasi dalam pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Made Adi Wira Nata Putra |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 14:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 14:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7185 |
Actions (login required)
View Item |