Pengembangan Media Interaktif Serious Game untuk Pembelajaran KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV SD

Santhika, Kadek Yoga (2021) Pengembangan Media Interaktif Serious Game untuk Pembelajaran KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011042-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011042-ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (645kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011042-LAMPIRAN.pdf

Download (722kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh media interaktif serious game untuk materi KPK dan FPB yang efektif dan berguna bagi guru maupun siswa. Serious game yang dikembangkan berjudul Mathius menceritakan petualangan seorang pahlawan (pemain) dalam mengangkat kutukan desa Yodus. Petualangan dimulai saat pemain masuk di desa Yodus. Selama perjalanannya, pemain akan dibimbing oleh seorang Warlord (NPC) terkait tugas yang harus diselesaikannya. Tugas tersebut berupa soal seputar materi KPK dan FPB. Di akhir petualangan, ketika Warlord hendak berpisah dengan pemain, ia memberikan hadiah kepada pemain yang dapat digunakan dalam perjalanan selanjutnya. Serious game ini berfungsi sebagai media interaktif dalam pembelajaran materi KPK dan FPB untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Proses pengembangan serious game ini menerapkan 3 dari 4 langkah utama model pengembangan 4D yaitu tahap define, design, dan develop. Peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 10 siswa kelas IV SD Negeri 3 Sukawati untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kegunaan (System Usability Scale) dari serious game yang dikembangkan. Rata-rata uji coba keefektifan dan kegunaan media secara berturut-turut yaitu 90% (sangat baik) dan 88 (sempurna). Dari hasil tersebut dapat simpulkan bahwa media interaktif serious game Mathius baik digunakan sebagai media dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media interaktif, Serious game, Mathius.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Yoga Santhika
Date Deposited: 25 Jul 2021 18:32
Last Modified: 25 Jul 2021 18:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7269

Actions (login required)

View Item View Item