Adnyana, Gede Ari (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY CARD PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DAN HUBUNGAN ANTAR SESAMA MAKHLUK HIDUP PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV STUDI KASUS SD NEGERI 4 SUWUG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051043-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051043-ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1515051043-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051043-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality Card Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dan Hubungan antara Sesama Makhluk Hidup pada platform Android, sebagai salah satu media untuk mempermudah serta menambah daya tarik siswa dalam memahami materi pengenalan hewan berdasarkan jenis makannya dan hubungan antara sesama makhluk hidup pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD Negeri 4 Suwug. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality Card Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dan Hubungan antara Sesama Makhluk Hidup ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), Developmnet (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil akhir dari pengembangan ini adalah berupa aplikasi dan kartu augmented reality yang dapat dijalankan pada perangkat smartphone berbasis android. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan kriteria sangat baik dengan hasil uji black-box diperoleh persentase keberhasilan 100% dan uji white-box diperoleh persentase keberhasilan 100% uji ahli isi dan uji ahli media mendapat validitas Sangat Tinggi, dan pada uji terhadap pengguna yaitu siswa menggunakan penilaian UEQ mempunyai impresi positif untuk skor diatas 0.8 untuk setiap aspek penilaian. sehingga masuk dalam kategori sangat baik Kata Kunci: augmented reality card, media pembelajaran, IPA, pengenalan hewan, hubungan makhluk hidup, model ADDIE, android.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | augmented reality card, media pembelajaran, IPA, pengenalan hewan, hubungan makhluk hidup, model ADDIE, android. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Gede Ari Adnyana |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 23:29 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 23:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7714 |
Actions (login required)
View Item |