PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KOGNITIF PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA TUNA RUNGU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII

Edi Ari Suandana, I Wayan (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KOGNITIF PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA TUNA RUNGU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011099-COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011099-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011099-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011099-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011099-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011099-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan Multimedia berdasarkan Teori Kognitif untuk Siswa Tunarungu Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Melalui penelitian ini akan dikembangkan multimedia pembelajaran matematika yang interaktif yang (i) memuat materi tentang Pengukuran pada Siswa Tunarungu Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. (ii) memuat objek matematika yang abstrak dalam bentuk visual, (iii) Menampilkan visual yang sederhana agar mudah dipahami oleh siswa tunarungu, (vi) Multimedia disusun berdasarkan teori kognitif, (v) Menyederhanakan materi sesuai dengan kemampuan Bahasa anak tunarungu (vi) Lengkap dengan bahasa isyarat. Penelitian baru dilakukan untuk 3 tahap awal yang berdasarkan pada pengembangan 4-D (define, design, develop, and disseminate). Kelayakan multimedia berdasrkan pada kevalidan. Yang dinilai berdasarkan skor penilaian yang diberikan oleh ahli multimedia sebesar 29 (layak), Ahli materi sebesar 29 (layak), Ahli desain pembelajaran sebesar 27 (layak), dan Ahli Bahasa sebesar 28 (layak). Dan kepraktisan yang dinilai berdasarkan skor penilaian yang di berikan oleh guru siaswa tunarungu sekolah menengah pertama yaitu sebesar 95 (sangat baik) Perlu dilakukan penelitian lanjutan berupa uji lapangan yang lebih luas untuk mendapatkan bukti empiris kevalidan dan kepraktisan multimedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teori Kognitif, Tunarungu, Multimedia, Pengukuran
Subjects: L Education > LF Individual institutions (Europe)
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Wayan Edi Ari Suandana
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:50
Last Modified: 27 Jul 2021 02:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7891

Actions (login required)

View Item View Item