Rohman, Mohammad alief (2021) Analisis Tegangan Static Rancangan Frame Motor Listrik Baby Ganesha 2.0 Generasi II Menggunakan Software Solidworks 2018. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615073001-COVER.pdf Download (536kB) |
|
Text (ABSTRACK)
1615073001-ABSTRACK.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615073001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615073001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615073001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615073001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615073001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615073001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615073001-LAMPIRAN.pdf Download (653kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini dilakukan anasisis tegangan static pada rancangan frame Sepeda Motor Listrik Baby Ganesha 2.0 Generasi II menggunakan Software Solidworks 2018 dengan beban pengendara (massa frame diperhitungkan) dan pembebanan dari pengendari pada frame standart dan modifikasi. Dengan tujuan mengetahui distribusi tegangan serta daerah kritis yang terjadi pada frame dengan berbahan pipa ASTM A106. Setelah proses analisis dilakukan, didapatkan tegangan von misses maksimum untuk frame standar tanpa beban pengendara sebesar 6,722 x 107 N/m2. Untuk frame modifikasi sebesar 5,751 x 107 N/m2 . Untuk frae standar dengan beban pengendara sebesar 3,391 x 108 N/m2 dan frame modifikasi sebesar 2,822 x 108 N/m2 . Faktor keamanan frame standar tanpa beban pengendara sebesar 5,9035 dan frame modifikasi sebesar 6,95567. Untuk Frame standar dengan beban pengendara sebesar 1,1796 dan frame modifikasi sebesar 1.41762. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa setelah dilakukan modifikasi pada frame terdapat beberapa perubahan diantaranya terjadi penurunan tegangan maksimum dengan tanpa beban pengendara sebesar 14,01% dan dengan beban pengendara sebesar11,01% serta faktor keamanan dari frame setelah di modifikasi meningkat dengan tanpa beban pengendara sebesar14,01% dan dengan beban pengendara sebesar 11,01% sehingga dapat di simpulkan frame modifikasi lebih baik dan kuat dibandingkan dengan frame standar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Frame, anasisis Tegangan static, ASTM A106, Solidworks 2018, Tegangan Von Misses, Faktor Keamanan |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | MOH. ALIEF RAHMAN |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 06:58 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8337 |
Actions (login required)
View Item |