Buana, Anak Agung Ngurah Krisna (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA ELEKTRONIK BERORIENTASI LINGKUNGAN PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071024-COVER.pdf Download (10MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071024-ABSTRAK.pdf Download (12MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071024-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan validitas bahan ajar IPA elektronik berorientasi lingkungan pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi karakteristik dan validitas bahan ajar IPA elektronik berorientasi lingkungan pada materi pemanasan global. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam produk ini meliputi materi pemanasan global yang berorientasi lingkungan untuk membantu siswa dalam mempelajari topik pemanasan global dengan mengamati lingkungan di sekitarnya dengan harapan siswa dapat lebih mudah memahami topik tersebut dan lebih peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Tingkat kevalidan materi dari bahan ajar IPA elektronik berorientasi lingkungan pada materi pemanasan global tergolong dalam kategori sangat valid (skor rata-rata 3,80 dalam skala 4). Tingkat kevalidan media dan bahasa produk tergolong dalam kategori valid (skor rata-rata 2,96 untuk media dalam skala 4 dan 3,00 untuk bahasa dalam skala 4). Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa bahan ajar IPA SMP elektronik yang dikembangkan sudah valid berdasarkan hasil penilaian dari ahli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, bahan ajar, pemanasan global |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ngurah Krisna Buana |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 06:29 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8373 |
Actions (login required)
View Item |