Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android Pada Topik Bilangan Bulat Kelas VI Sekolah Dasar

Karseno, Karseno (2021) Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android Pada Topik Bilangan Bulat Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041039-COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041039-ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041039-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran daring pada masa pandemi ini membawa dampak rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh kesulitan guru dalam menjelaskan materi dan kurangnya media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media game edukasi berbasis android pada topik bilangan bulat kelas VI Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Game edukasi yang dihasilkan dalam pengembangan ini berjudul “Ayo Selamatkan Bumi”. Game ini berisi materi mata pelajaran matematika topik bilangan bulat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan melibatkan ahli, guru, dan siswa. Uji validitas game edukasi dilakukan dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dan dua praktisi. Uji coba terbatas dilakukan secara daring pada 9 siswa kelas VI SD Negeri 2 Banjar Anyar untuk mengetahui tingkat kepraktisan game edukasi yang dikembangkan. Data yang diperoleh dari uji validitas dan uji coba terbatas dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor. Hasil uji validitas dari game edukasi ini diperoleh skor ahli materi 4,85 dan ahli media 4,88 yang berarti sangat baik. Sedangkan untuk kepraktisan, diperoleh skor 4,5 dengan kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa game edukasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika topik bilangan bulat kelas VI Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: game, edukasi, android, matematika, bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Karseno
Date Deposited: 16 Oct 2021 12:15
Last Modified: 16 Oct 2021 12:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item View Item