PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK SEPEDA MOTOR KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Ariantini, Masithah (2021) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK SEPEDA MOTOR KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051007-COVER.pdf

Download (260kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051007-ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051007-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk konten pembelajaran interaktif, serta mengetahui respons pendidik dan peserta didik terhadap konten pembelajaran interaktif berbasis flipped classroom dengan bantuan Articulate Storyline pada mata pelajaran Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilakukan pada program keahlian teknik dan bisnis sepeda motor kelas XI dengan jumlah 32 orang peserta didik dan 1 orang guru pengampu mata pelajaran pemeliharaan listrik sepeda motor. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari angket validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba lapangan, dan uji efektivitas. Hasil perhitungan dari penilaian uji ahli isi, media dan desain pembelajaran memperoleh hasil rata-rata sebesar 1,00. Apabila dikonversikan ke dalam tabel kriteria rata-rata uji ahli, maka diperoleh tingkat validitas “Sangat Tinggi”. Pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 86%, pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 80,2%, dan pada uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 85%. Pada uji efektivitas dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest, yang mana memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,819 dan termasuk dalam interprestasi “Efektif”. Pada uji respon peserta didik memperoleh hasil rata-rata yaitu sebesar 64,40, jika dikonversikan dalam tabel kualifikasi memperoleh kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji respons guru memperoleh hasil rata-rata sebesar 43 dengan kategori “Sangat Praktis”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pemeliharaan listrik sepeda motor ini valid, efektif dan praktis. Kata Kunci : Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Flipped Classroom, Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Flipped Classroom, Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Masithah Ariantini
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:32
Last Modified: 22 Oct 2021 07:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item