Hubungan Kecenderungan Berpikir Kritis dengan Keaktifan Mahasiswa dalam Diskusi

Sari, Putu Rika Mutiara (2022) Hubungan Kecenderungan Berpikir Kritis dengan Keaktifan Mahasiswa dalam Diskusi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1818011011-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1818011011-ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1818011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (788kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
1818011011-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1818011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1818011011-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
1818011011-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
1818011011-BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1818011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)
[img] Text (LAMIRAN)
1818011011-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem pembelajaran dalam pendidikan kedokteran terus menagalami perkembangan. Dimana saat ini kurikulum dalam pendidikan kedoteran lebih memusatkan mahasiswa untuk memecahkan masalah-masalah terkait perkuliahan. Dalam proses tersebut kemampuan maupun kecenderungan berpikir kritis memiliki peran akan keberhasilan pemecahan masalah tersebut. Selain itu, dalam jenjang pendidikan kemampuan komunikasi mahasiswa juga sangat perlu dikembangkan. Salah satunya dapat dilihat dalam proses pembelajaran dengan metode diskusi dimana mahasiswa akan aktif memberikan pendapat terkait kasus atau topik yang didiskusikan. Berdasarkan pemaparan tersebut, peneliti akan melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan berpikir kritis yang dimiliki mahasiswa dengan nilai keaktifan mahasiswa dalam diskusi. Metode peneilitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analitik observasional dengan desain penelitian potong lintang (cross-sectional). Pengolahan data nantinya akan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 21 dengan metode uji Spearman Rank Correlation. Hasil yang didapatkan yaitu nilai p-value sebesar 0.003 yang artinya terdapat hubungan antara kecenderungan berpikir kritis dengan keaktifan mahasiswa dalam diskusi. Namun, hasil r pada penelitian ini berada pada 0.0291 yang menyatakan bahwa kekuatan hubungan kedua variabel dikategorikan cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa kecenderungan berpikir kritis memiliki hubungan yang positif dengan keaktifan mahasiwa dalam diskusi tetapi hubungan kedua variabel ini hanya berada pada kategori cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan berpikir kritis, keaktifan diskusi, mahasiswa kedokteran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1)
Depositing User: Putu Rika Mutiara Sari
Date Deposited: 10 Feb 2022 01:35
Last Modified: 10 Feb 2022 01:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item View Item