Supandita, Gede (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VIII SMP N 6 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051100-Cover.pdf Download (276kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051100_ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051100_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051100_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051100_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051100_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051100_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051100_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051100_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII di SMP Negeri 6 Tejakula. Penelitian ini menerapkan jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Augmented Reality adalah sintetis, realistis simulasi komputer atau rekreasi dari lingkungan waktu nyata dimana pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan nyata yang di replikasi. Tujuan dari pembuatan aplikasi sistem pencernaan pada manusia menggunakan augmented reality sebagai media pembelajaran yang besifat visual yang dapat dipahami oleh pengguna yaitu siswa SMP untuk lebih mudah dalam memahami materi sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VIII dan guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri 6 Tejakula. Pengambilan data dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket dan wawancara. Hasil penelitian untuk uji validitas media pembelajaran berbasis augmented reality didapat skor sebesar 1,00 dengan kriteria tingkat validitas sangat tinggi. Hasil rata-rata uji repon guru dan peserta didik dalam pengimplementasian media pembelajaran berbasis augmented reality mendapatkan nilai kepraktisan yaitu sebesar 48 dan 69,8 dengan kriteria sangat praktis. Serta hasil uji efektivitas media pembelajaran berbasis augmented reality menggunakan metode Normalized Gain mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,76 dengan kriteria efektif. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sistem Pencernaan, Augmented Reality
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Sistem Pencernaan, Augmented Reality |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Gede Supandita |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 23:27 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 23:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9820 |
Actions (login required)
View Item |