Dwipayana, I Made (2022) Pengembangan Materi Pengayaan Coding pada Topik Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas IX. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011014-COVER.pdf Download (803kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011014-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1713011014-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
171301104-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi pengayaan coding pada materi transformasi geometri untuk siswa SMP kelas IX. Materi pengayaan coding pada penelitian ini adalah pengintegrasian materi dasar coding (prinsip kerja komputer, variabel, loop dan conditional) dengan konsep dasar geometri khususnya transformasi geometri pada aplikasi Scratch. Pengembangan situs web mengikuti metode Waterfall yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Uji Kelayakan situs web menggunakan Blackbox Testing dan uji kelayakan materi pengayaan menggunakan Learning Object Review Instrument (LORI). Pengujian materi pengayaan yang termuat pada situs web diikuti oleh 12 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kuta melalui tiga siklus penelitian tindakan kelas. Hasil blackbox testing situs web valid, hasil uji kelayakan materi memperoleh skor 4,43 dengan kriteria baik dan hasil dari rata-rata Problem Solving Inventory siswa pada siklus III lebih besar daripada siklus I (5,30 > 4,75). Berdasarkan pengamatan secara asinkronus, siswa tertarik dengan kegiatan coding pada aplikasi Scratch.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | coding, transformasi geometri, scratch, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Dwipayana |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 01:55 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 01:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9882 |
Actions (login required)
View Item |