Oktamarini, Dwi Rai (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIS SISWA KELAS XI MIA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723011031-COVER.pdf Download (291kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011031-ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (938kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Oktamarini, Dwi Rai (2021), Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi higher order thinking skills (hots) untuk meningkatkan kecakapan matematis siswa kelas XI MIA pokok bahasan lingkaran. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Dr. Gede Suweken, M.Sc dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si Kata kunci : perangkat pembelajaran, higher order thinking skills (hots), kecakapan matematis Kecakapan matematis adalah lima kecakapan yang diperlukan siswa dalam belajar matematika. Kecakapan matematis merupakan bekal dalam menghadapi abad ke-21 yang serba kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang valid, praktif, dan efektif dalam meningkatkan kecakapan matematis siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada prosedur pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu: Preliminary Research, Prototyping, dan Assesment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tembuku tahun ajaran 2021/2022 yaitu kelas XI MIA 1 pada uji coba terbatas, siswa kelas XI MIA 2 pada uji coba lapangan 1, dan siswa kelas XI MIA 3 pada uji coba lapangan 2. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Buku Siswa dan Buku Guru dengan berorientasi pada kriteria HOTS menurut Marzano. Data yang dikumpulkan berupa data: 1) validasi perangkat pembelajaran yang didasarkan pada pendapat pakar; 2) kepraktisan perangkat pembelajaran yang didasarkan pada angket respon siswa dan angket respon guru; dan 3) keefektifan perangkat pembelajaran yang didasarkan pada hasil tes kecakapan matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran berorientasi HOTS ini efektif dalam meningkatkan kecakapan matematis siswa. Keberhasilan ini berdasarkan data hasil tes kecakapan matematis siswa pada materi lingkaran yang memenuhi kriteria “tuntas” sesuai dengan kriteria hasil analisis tes kecakapan matematis. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain: a) masalah yang disajikan dalam buku siswa mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif untuk menemukan solusinya, b) siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui kegiatan pembelajaran mandiri maupun berkelompok, c) soal yang disajikan memiliki kriteria yang beragam sesuai kriteria Marzano untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS), d) buku guru memudahkan guru dalam proses pembelajaran di kelas, karena isinya sesuai dengan buku siswa, e) buku guru berisi alternatif jawaban sehingga mempermudah guru dalam mengarahkan siswa pada jawaban yang dharapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, higher order thinking skills (hots), kecakapan matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Dwi Rai Oktamarini |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 05:36 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 05:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9922 |
Actions (login required)
View Item |