Artamy, Nyoman (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011076-COVER.pdf Download (685kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011076-ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011076-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika motivasi dan prestasi belajar sangat penting sehingga upaya dalam menumbuhkan motivasi dan prestasi belajar matematika penting untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 241 orang yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel sebanyak 60 siswa diambil dari 2 kelas menggunakan metode Cluster Random Sampling, dilanjutkan dengan melakukan penyetaraan kelas dimana setiap individu yang dipilih dalam kelas dilakukan matching berdasarkan nilai ulangan umum semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diperoleh, diberikan seperangkat pernyataan yang berupa angket motivasi belajar matematika dan soal tes prestasi belajar matematika setelah dilakukannya proses pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Quizizz pada kelompok eksperimen dan proses pembelajaran matematika secara konvensional pada kelompok kontrol. Dimana skor motivasi dan skor prestasi belajar matematika yang diperoleh dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diuji dengan menggunakan pengujian mean dua kelompok menggunakan uji t dengan bantuan SPSS untuk mempermudah dalam pengolahan data skor motivasi belajar matematika. Hasil analisis terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa rata – rata skor motivasi belajar matematika dari kelompok eksperimen adalah 65,93 sedangkan rata – rata skor motivasi belajar matematika pada kelompok kontrol adalah 62,73. Kemudian analisis terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa rata – rata skor prestasi belajar matematika dari kelompok eksperimen adalah 70,67 sedangkan rata – rata skor motivasi belajar matematika pada kelompok kontrol adalah 61,67. Uji perbedaan pada motivasi belajar matematika pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan t = 2,019 dengan nilai p < 0.05, dan uji perbedaan pada prestasi belajar matematika pada kelompok eksperimen dan kelompok control menghasilkan t = 2,862 dengan nilai p < 0.05. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data motivasi belajar matematika dan data prestasi belajar matematika tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran matematika memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Quizizz, Motivasi belajar matematika, Prestasi Belajar, statistik uji t. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | Nyoman Artamy |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:03 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13996 |
Actions (login required)
View Item |