Kumara, Deni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 4 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031166-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031166-ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (456kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031166-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031166-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031166-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031166-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran IPS pada topik sumber daya alam kelas IV SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: tahap anasilis (analysis), tahap desain (design) tahap pengembangan (development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah media video pembelajaran, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui validitas media video pembelajaran. Uji validitas video pembelajaran videoscribe menghasilkan data berupa skor yang dihitung rata-ratanya kemudian dikonversi kedalam pedoman skala lima. Pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid dengan (1) rata-rata ahli media 4,16, dengan kualifikasi sangat baik. (2) rata-rata ahli materi 4,86, dengan kualifikasi sangat baik. (3) review praktisi (guru) 4.6 (4)review siswa uji perseorangan 4,78 dengan kualifikasi sangat baik. (5) review siswa kelompok kecil 4,89 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan produk media pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5, dengan kualifikasi “sangat baik”. Dengan demikian dapat diindikasikan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Videoscribe pembelajaran, IPS sumber daya alam, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | DENI KUMARA |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 01:08 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10021 |
Actions (login required)
View Item |