PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 4 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Kumara, Deni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 4 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031166-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031166-ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031166-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031166-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031166-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031166-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran IPS pada topik sumber daya alam kelas IV SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: tahap anasilis (analysis), tahap desain (design) tahap pengembangan (development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah media video pembelajaran, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui validitas media video pembelajaran. Uji validitas video pembelajaran videoscribe menghasilkan data berupa skor yang dihitung rata-ratanya kemudian dikonversi kedalam pedoman skala lima. Pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid dengan (1) rata-rata ahli media 4,16, dengan kualifikasi sangat baik. (2) rata-rata ahli materi 4,86, dengan kualifikasi sangat baik. (3) review praktisi (guru) 4.6 (4)review siswa uji perseorangan 4,78 dengan kualifikasi sangat baik. (5) review siswa kelompok kecil 4,89 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan produk media pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5, dengan kualifikasi “sangat baik”. Dengan demikian dapat diindikasikan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Videoscribe pembelajaran, IPS sumber daya alam, Model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: DENI KUMARA
Date Deposited: 18 Feb 2022 01:08
Last Modified: 18 Feb 2022 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10021

Actions (login required)

View Item View Item