AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF GOOGLE CLASSROOM IN TEACHING AND LEARNING PROCESS FOR EIGHT GRADE STUDENTS AT SMP AYODHYA PURA SELAT

Rediarta, Kadek Agus (2022) AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF GOOGLE CLASSROOM IN TEACHING AND LEARNING PROCESS FOR EIGHT GRADE STUDENTS AT SMP AYODHYA PURA SELAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021103-COVER.pdf

Download (680kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021103-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021103-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021103-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021103-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran secara online menggunakan aplikasi Google Classroom untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran baik oleh guru maupun siswa serta untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran bahasa Inggris secara online. Selama penelitian dilakukan, metode deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Ada dua instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data, keduanya adalah pedoman observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Ayodhya Pura Selat yang terletak di desa Selat, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran ini kurang relevan dimana banyak permasalahan yang dihadapi siswa saat memakai Google Classroom seperti koneksi internet bermasalah, notifikasi kelas yang sering kali terlambat, tidak semua siswa memiliki hp, pembelajaran dengan Google Classroom sedikit lebih susah dan kecakapan siswa kurang dalam menggunakan aplikasi tersebut dibandingkan pembelajaran secara tatap muka. Dengan demikian, media pembelajaran yang menggunakan Google Classroom masih kurang efektif di kelas tersebut dan masih perlu banyak pengembangan dari guru agar pembelajaran berbasis online dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dapat digunakan secara efektif dan mempermudah siswa dalam mengakses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Google Classroom, teknologi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Agus Rediarta
Date Deposited: 21 Feb 2022 12:15
Last Modified: 21 Feb 2022 12:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item