Developing Assessment Instruments for English Literacy in Blended Learning for Grade 8 Semester 1

Mirawati, I Gusti Ayu (2022) Developing Assessment Instruments for English Literacy in Blended Learning for Grade 8 Semester 1. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029081030-COVER.pdf

Download (281kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081030-ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081030-LAMPIRAN.pdf

Download (558kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat proses pembelajaran menjadi blended learning yang memunculkan tantangan baru terutama dalam proses penilaian literasi siswa. Siswa dituntut untuk memiliki literasi yang baik pada era globalisasi. Literasi yang mewadahi keempat keterampilan siswa perlu dinilai dengan tepat dengan memberikan assessment as learning (AAL), assessment for learning (AFL), dan assessment of learning (AOL). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis jenis kebutuhan untuk mengembangkan instrumen penilaian literasi bahasa Inggris pada blended learning kelas 8 semester 1;, 2) menganalisis proses pengembangan instrumen penilaian ; , dan 3) menganalisis kualitas instrumen penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model 4D yang meliputi define, design, dan develop. Penelitian ini menggunakan metode survei, wawancara, dan observasi dengan instrumen berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Implikasi dari penelitian ini adalah kebutuhan pengembangan instrumen penilaian, prosedur pengembangan instrumen penilaian, dan kualitas instrumen penilaian yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) kebutuhan sasaran dalam mengembangkan instrumen penilaian adalah kebutuhan pengembangan produk, kesenjangan siswa terhadap kebutuhan sasaran, dan harapan siswa terhadap produk; 2) produk dikembangkan melalui tiga tahap yaitu tahap Define, Design, dan Develop; dan 3) penilaian ahli menunjukkan bahwa instrument penilaian yang dikembangkan memperoleh skor 98% dan 96% untuk validitas isi dan 96% untuk kualitas produk sehingga produk dikategorikan sebagai “Sangat baik”. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru harus menekankan pelaksanaan assessment for learning dan assessment as learning baik dalam pembelajaran offline maupun online. Secara teoritis, penelitian ini memperkaya penelitian dalam bidang asesmen, asesmen pembelajaran bahasa Inggris berbasis literasi, dan pendekatan asesmen bagi guru. Secara praktek, penelitian ini membantu para guru untuk memiliki instrumen penilaian yang tepat untuk kelas bahasa Inggris dalam bentuk blended learning berbasis literasi dan memungkinkan siswa untuk menggunakan bahasa Inggris mereka secara kontekstual dan signifikan. Kata kunci: blended learning, instrumen penilaian, literasi bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: blended learning, instrumen penilaian, literasi bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Gusti Ayu Mirawati
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:27
Last Modified: 18 Feb 2022 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10028

Actions (login required)

View Item View Item