Lestari, Ni Putu Parastuti (2022) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BESERTA ALTERNATIF SOLUSINYA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 DENPASAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011041-COVER.pdf Download (307kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011041-ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011041-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pengamatan yang peneliti sudah lakukan ini akan didasarkan pada permasalahan terkait kendala yang sering dialami banyak sekali murid di Indonesia untuk melakukan penyesuaian cara belajar daring dengan kebiasaannya belajar secara tatap muka. Hal tersebut juga dilihat dari upaya guru dalam memberikan tugas padahal siswa belum cukup menguasai materi yang disampaikan. Penelitian ini akan ditunjang dengan wawancara yang dilakukan bersama guru mata pelajaran dengan indikasi motivasi siswa yang rendah dalam belajar. Adanya perubahan dalam sistem pembelajaran anak akan memberikan dampak terhadap motivasi belajar anak. Beralaskan dari problema yang kian dirasakan banyak orang maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyebab rendahnya motivasi belajar matematika siswa serta alternatif solusi dalam masa pandemi Covid-19. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1,2,4,5 SMAN 5 Denpasar yang berjumlah 141 siswa, penelitian ini mengumpulkan datanya melalui wawancara dan kuisioner. Penelitian ini mencapai kesimpulan bahwa motivasi siswa dalam belajar matematika tergolong rendah dengan persentase sebesar 66%. Rendahnya motivasi belajar siswa tersebut disebabkan oleh faktor eksternal yang ada. Faktor eksternalnya meliputi lingkungan sosial, lingkungan keluarga, dan system pembelajaran daring yang tengah diterapkan. Untuk itu, diperlukan adanya kerja sama yang dilakukan antara orang tua dan guru dalam membimbing siswa, terutama dengan peran guru Bimbingan Konseling (BK) ataupun les private untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini juga memiliki implikasi yang dapat menganalisis factor penyebab motivasi belajar matematika siswa yang rendah beserta solusi yang dapat dilakukan agar tercipta penyampaian materi oleh guru yang variatif dan keterlibatan orang tua dalam mendukung anaknya memiliki motivasi belajar yang baik dan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar matematika, Pembelajaran daring, Faktor eksternal, Faktor Internal |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Parastuti Lestari |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 17:33 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 17:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10070 |
Actions (login required)
View Item |