Dewi, Kadek Yunita (2022) CLASSROOM LANGUAGE USED BY EFL TEACHER DURING DISTANCE LEARNING: AN ANALYSIS OF CHOICE AND FUNCTION IN SMPN 2 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021059-COVER.pdf Download (604kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021059-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (523kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021059-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis platform pembelajaran yang digunakan, fungsi dan pilihan bahasa terhadap bahasa kelas yang digunakan oleh guru EFL di SMP Negeri 2 Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah salah satu guru EFL dan objek penelitian ini adalah bahasa kelas yang dilaksanakan oleh salah satu guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Gianyar selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan satu instrumen dengan tabel checklist dan menggunakan teori Chamot dan O'Malley tentang fungsi bahasa akademik untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini digunakan sebagai pedoman calon guru dan guru EFL untuk meningkatkan diri mereka dalam menggunakan berbagai jenis fungsi bahasa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pertemuan melalui Google Classroom. Guru cenderung menggunakan TL (Bahasa Sasaran) di kelas 9 dan L1 (Bahasa Pertama) di kelas 8. Guru EFL di SMP Negeri 2 Gianyar sebagian besar menggunakan 3 fungsi bahasa dari kedua kelas yaitu mencari informasi, menjelaskan atau menginformasikan, membujuk. Selama proses pembelajaran fungsi bahasa masih didominasi oleh dua fungsi bahasa yaitu mencari informasi dan menjelaskan atau menginformasikan. Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Gianyar masih menggunakan fungsi bahasa yang terbatas terhadap bahasa kelas yang digunakan selama proses pembelajaran. Guru perlu meningkatkan dan menggunakan lebih banyak fungsi bahasa terhadap bahasa kelas untuk membuat kelas memiliki interaksi yang baik dengan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa kelas, pembelajaran jarak jauh, pilihan bahasa, fungsi bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Yunita Dewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2022 06:38 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 06:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10107 |
Actions (login required)
View Item |