Oktavianingsih, Indah (2022) ANALISIS KESULITAN GURU KIMIA DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DARING DI MA MA’ARIF NU KENCONG-JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713031005-COVER.pdf Download (647kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713031005-ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713031005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan guru kimia dalam mengelola pembelajaran daring di MA Ma’arif NU Kencong-Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kimia, kepala sekolah, wakasek bidang kurikulum, wakasek bidang sarana dan prasarana, wakasek bidang kesiswaan, ketua yayasan MA Ma’arif NU Kencong, dan siswa MIPA kelas X, XI, XII. Objek penelitian ini adalah aktivitas kesulitan guru kimia dalam mengelola pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber dan member check. Data penulisan dianalisis menggunakan metode analisis konten atau isi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran daring guru kimia menyusun kurikulum darurat, guru kesulitan dalam pembuatan media pembelajaran daring. Siswa mengalami kesulitan sinyal internet sehingga guru sulit mengelola pembelajaran. Guru beserta pihak-pihak sekolah kurang bekerja sama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan tanpa menggunakan aplikasi tatap muka virtual. Guru tidak melaksanakan praktikum dalam pembelajaran daring. Guru memberikan tugas yaang disertai pembatasan waktu pengumpulan. (3) Penilaian dilaksanakan pada aspek kognitif saja. Guru memberikan tes dengan mengambil soal-soal di contoh soal UN. Pada pelaksanaan tes guru kesulitan mengawasi siswa yang berada di rumah maupun di pondok pesantren. Kata kunci: kesulitan, pembelajaran daring, perencanaan, pelaksanaan, penilaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan, pembelajaran daring, perencanaan, pelaksanaan, penilaian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Indah Oktavianingsih |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 02:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 02:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10112 |
Actions (login required)
View Item |