ANALISIS KESULITAN GURU KIMIA DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DARING DI MA MA’ARIF NU KENCONG-JEMBER

Oktavianingsih, Indah (2022) ANALISIS KESULITAN GURU KIMIA DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DARING DI MA MA’ARIF NU KENCONG-JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713031005-COVER.pdf

Download (647kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713031005-ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713031005-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan guru kimia dalam mengelola pembelajaran daring di MA Ma’arif NU Kencong-Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kimia, kepala sekolah, wakasek bidang kurikulum, wakasek bidang sarana dan prasarana, wakasek bidang kesiswaan, ketua yayasan MA Ma’arif NU Kencong, dan siswa MIPA kelas X, XI, XII. Objek penelitian ini adalah aktivitas kesulitan guru kimia dalam mengelola pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber dan member check. Data penulisan dianalisis menggunakan metode analisis konten atau isi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran daring guru kimia menyusun kurikulum darurat, guru kesulitan dalam pembuatan media pembelajaran daring. Siswa mengalami kesulitan sinyal internet sehingga guru sulit mengelola pembelajaran. Guru beserta pihak-pihak sekolah kurang bekerja sama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan tanpa menggunakan aplikasi tatap muka virtual. Guru tidak melaksanakan praktikum dalam pembelajaran daring. Guru memberikan tugas yaang disertai pembatasan waktu pengumpulan. (3) Penilaian dilaksanakan pada aspek kognitif saja. Guru memberikan tes dengan mengambil soal-soal di contoh soal UN. Pada pelaksanaan tes guru kesulitan mengawasi siswa yang berada di rumah maupun di pondok pesantren. Kata kunci: kesulitan, pembelajaran daring, perencanaan, pelaksanaan, penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan, pembelajaran daring, perencanaan, pelaksanaan, penilaian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Indah Oktavianingsih
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:07
Last Modified: 21 Feb 2022 02:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item View Item