DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR EFL TEACHERS ON 6TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL

Dwi Candra Oktariana, Kadek (2022) DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR EFL TEACHERS ON 6TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021167-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021167-ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021167-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021167-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021167-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021167-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021167-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021167-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021167-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR EFL TEACHERS ON 6 TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL By: Kadek Dwi Candra Oktariana, NIM 1812021167 English Language Education Department, Ganesha University of Education, Singaraja E-mail: dwi.candra@undiksha.ac.id ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian autentik bagi guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing kelas 6 SD di Kabupaten Buleleng berdasarkan sintaksis discovery based learning, problem based learning, project based learning, dan metode pembelajaran bahasa berbasis tugas. Metode Design and Development digunakan sebagai metode penelitian. Model penelitian terdiri dari empat tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Guru dan siswa kelas 6 sekolah dasar menjadi subjek penelitian ini. Peneliti mengembangkan rubrik berdasarkan blueprint yang mempertimbangkan silabus sekolah. Data untuk tahap analisis diperoleh dari wawancara guru dan siswa, studi dokumen, dan observasi RPP. Hasil analisis menunjukkan bahwa rubrik penilaian autentik diperlukan bagi guru dan siswa. Penilaian ahli mengkategorikan rubrik sebagai rubrik yang sangat baik. Diharapkan rubrik ini dapat membantu guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar bahasa Inggris. Kata kunci: penilaian otentik, rubrik, pembelajar usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penilaian otentik, rubrik, pembelajar usia dini
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Candra Oktariana
Date Deposited: 20 Feb 2022 00:04
Last Modified: 20 Feb 2022 00:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item