Dwianjani, Ni Komang Vonie (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011009-COVER.pdf Download (651kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011009-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (582kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011009-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran berbasis Android pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi etnomatematika serta mendeskripsikan kualitasnya dari segi validitas, kepraktisan dan efektivitasnya sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Widiatmika tahun ajaran 2020/2021 yaitu kelas VIII 2 pada uji coba terbatas, VIII 5 pada uji coba lapangan 1 dan VIII 1 pada uji coba lapangan 2. Data dalam penelitian ini adalah data validitas isi media pembelajaran yang didasarkan pada pendapat pakar menggunakan lembar validasi isi media pembelajaran, data kepraktisan media pembelajaran didasarkan pada data keterlaksanaan media pembelajaran, angket respon siswa, dan angket respon guru, sedangkan data keefektifan media pembelajaran terdiri dari data pemahaman konsep matematika siswa yang dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah berupa media pembelajaran berbasis Android pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi etnomatematika yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1) Siswa melakukan pemahaman terhadap konsep yang dipelajari melalui permasalahan awal dengan etnomatematika budaya Bali. (2) Media pembelajaran memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa berkaitan dengan materi yang dipelajari. (3) Media pembelajaran memuat nilai-nilai budaya Bali yaitu tipat, kerajinan anyaman bambu, dan bangunan rumah adat tradisional Bali (4) Media pembelajaran mudah dan mandiri digunakan dalam pembelajaran siswa, dan (5) Media pembelajaran bersifat interaktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Android, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Vonie Dwianjani |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 13:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 13:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10206 |
Actions (login required)
View Item |