Investigating the Utilization of YouTube Videos as Learning Media in Online Language Learning in University: Students Perspectives

Purwanti, Ni Komang Ratna (2022) Investigating the Utilization of YouTube Videos as Learning Media in Online Language Learning in University: Students Perspectives. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2029081023-COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081023-ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081023- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081023- LAMPIRAN.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penggunaan video YouTube dalam pembelajaran bahasa online, tantangan yang dihadapi siswa, dan strategi dalam mengatasi tantangan dalam pembelajaran menggunakan video YouTube. Responden yang terlibat adalah 98 mahasiswa S1 semester tiga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pelaksanaan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa video YouTube membantu siswa dalam memahami materi bahasa yang diberikan. Para siswa juga menyebutkan bahwa penerapan video YouTube dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa. Namun, beberapa masalah terjadi saat siswa belajar bahasa menggunakan video YouTube, seperti koneksi internet yang buruk, perasaan jenuh untuk video yang panjang, dan kecemasan kinerja. Untuk mengatasi tantangan tersebut, siswa melakukan beberapa strategi seperti mencari koneksi internet gratis, mengkategorikan video yang harus mereka tonton, dan berdiskusi dengan teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran online, pembelajaran bahasa, video YouTube, persepsi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Komang Ratna Purwanti
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:41
Last Modified: 21 Feb 2022 04:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item