Efektivitas Video Saluran Youtube Biologi Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Singaraja

Imamah, Nur Viki (2022) Efektivitas Video Saluran Youtube Biologi Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041051-COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041051-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041051-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran di Sekolah berubah menjadi daring. Pembelajaran daring yang dilaksanakan pun belum lepas dari berbagai kendala, seperti media pembelajaran yang tidak interaktif dan menarik. Padahal, media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan belajar. Kendala tersebut dirasakan dalam semua mata pelajaran, termasuk pada mata pelajaran Biologi di SMA. Melihat femonena tersebut, maka penelitian ini telah mengujicobakan saluran YouTube Biologi Edukasi dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran YouTube Biologi Edukasi berjalan efektif ditinjau dari hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pra-eksperimental dengan desain one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2, SMA Negeri 4 Singaraja. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menilai karakteristik sebuah data dan menggunakan statistik untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video saluran YouTube Biologi Edukasi terbukti efektif terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari pencapaian nilai rerata hasil belajar di angka 82,05 berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Hasil kuesioner didapatkan nilai maksimum sebesar 61 yang tergolong dalam kategori sangat efektif dalam skala interval (61 s.d 75). Dengan demikian, maka saluran YouTube Biologi Edukasi sangat disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi di Sekolah, demi hasil belajar yang lebih baik. Kata kunci: daring, Biologi Edukasi, pembelajaran Biologi, SMA, YouTube

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: daring, Biologi Edukasi, pembelajaran Biologi, SMA, YouTube
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: VIKI NUR IMAMAH
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:06
Last Modified: 22 Feb 2022 06:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10236

Actions (login required)

View Item View Item