PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Suryadani, I Gusti Ayu Ketut (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929121004 - COVERR.pdf

Download (457kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929121004-ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929121004-BAB I PEDAHULUAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929121004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929121004 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929121004 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929121004 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929121004 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929121004 - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Suryadani, I Gusti Ayu Ketut (2021), Pengaruh model pembelajaran discovery dan flipped classroom berbantuan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar senam lantai ditinjau dari minat belajar peserta didik. Tesis, Pendidikan Olahraga (S2), Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Ketut Sudiana, S.Pd., M.Kes. dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Semarayasa, S.Pd., M.Or. Kata-kata kunci: Model pembelajaran, minat belajar, senam lantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery dan model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar senam lantai ditinjau dari minat belajar peserta didik. Penelitian quasi experimental ini dilakukan dengan desain faktorial 2 x 2 Treatment by Level. Subjek penelitian adalah 60 orang peserta didik SMA Negeri 1 Negara, yang terbagi dalam 2 kelompok model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANCOVA) dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05). Hasil analisis menunjukkan: (1) Hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran discovery lebih baik secara signifikan daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran flipped classroom dengan berbantuan aplikasi google classroom, (Fhitung = 20,761 > Ftabel = 4,200, mean A1 = 80,33 > mean A2 = 75,43, H0 ditolak). (2) Terdapat interaksi secara signifikan antara pemberian model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik (Fhitung = 149,00 > Ftabel = 4,200, H0 ditolak); (3) Pada peserta didik dengan minat belajar tinggi, hasil belajar senam lantai peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran flipped classroom (thitung = 12,865 > ttabel(30) = 1.701, H0 ditolak); dan (4) Pada peserta didik dengan minat belajar rendah, hasil belajar senam lantai peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery (thitung = 5,074 > ttabel(30) = 1,701, H0 ditolak). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery terbukti dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai pada peserta didik, jika dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran flipped classroom. Minat belajar terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar senam lantai disamping menerapkan model pembelajaran. Dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai, penerapan model pembelajaran harus memperhatikan minat belajar peserta didik. Guru diharapkan dapat lebih inovatif menyusun dan menerapkan model pembelajaran sehingga dapat menimbulkan minat belajar yang tinggi untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran1, minat belajar2, senam lantai3.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: I GUSTI AYU KETUT SURYADANI
Date Deposited: 22 Feb 2022 08:27
Last Modified: 22 Feb 2022 08:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item