Krismana, Sebastianus Dimas Gita (2022) PENGGUNAAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 1 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011033-COVER.pdf Download (438kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011033-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011033-LAMPIRAN.pdf Download (772kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Articulate Storyline pada pembelajaran teks eksposisi pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Negara di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IPS 1 serta objeknya adalah aplikasi Articulate Storyline sebagai media pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Di SMA Negeri 1 Negara hanya satu guru bahasa Indonesia yang menggunakan aplikasi Articulate Storyline sebagai media pembelajaran dan berdasarkan informasi yang didapatkan dari narasumber melalui wawancara bahwa siswa merasa jenuh dalam pembelajaran online dan aplikasi Articulate Storyline yang digunakan guru sebagai media pembelajaran mirip dengan Microsoft Power Point akan tetapi lebih unggul aplikasi Articulate Storyline karena didukung fitur-fitur yang komprehensif (luas dan lengkap) serta kreatif. Guru dapat mengkreasikan tampilan desain dengan memanfaatkan kelengkapan fitur-fitur variatif didalamya dan memperkenalkan kepada siswa bahwa aplikasi Articulate Storyline sebagai media pembelajaran di masa pandemi COVID-19 itu tidak membosankan. Dari hasil respon yang telah didapat, siswa kelas X IPS 1 “Sangat Suka” dengan aplikasi Articulate Storyline sebagai media pembelajaran yang diterapkan oleh guru karena berdaya guna. Dalam penyajian materi, guru menambahkan fitur-fitur seperti gambar, character, button (tombol), animasi berupa transisi, audio berupa suara narator dan efek suara untuk menunjang isi materi teks eksposisi yang disampaikan serta praktis dalam penggunaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Aplikasi Articulate Storyline, Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Sebastianus Dimas Gita Krismana |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 03:00 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 03:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10310 |
Actions (login required)
View Item |