Darmawan, Kadek Pasek (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Roll (berguling) Senam Lantai Pada Siswa Kelas X SMA Saraswati Seririt Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1516011067- COVER.pdf Download (739kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1516011067- ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1516011067- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1516011067- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1516011067- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1516011067- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1516011067- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011067- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1516011067- LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar roll (berguling) senam lantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Saraswati Seririt Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 178 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas X IIS2 sebagai kelompok ekperimen dan kelas X IIS3 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Sample Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar teknik dasar senam lantai antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Pada kelompok ekperimen diperoleh nilai gain skor 0,51 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai gain skor 0,41. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar roll (berguling) senam lantai. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci : pembelajaran tipe NHT, hasil belajar teknik dasar senam lantai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran tipe NHT, hasil belajar teknik dasar senam lantai. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | KADEK PASEK DARMAWAN |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 06:27 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 06:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1039 |
Actions (login required)
View Item |