PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Pangestu, I Gede Wirya (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1513011026-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011026-ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011026-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK        Termasuk dalam penelitian pengembangan penelitian ini ditujukan untuk menghasilkaniibahaniiajariinteraktifiimultiirepresentasiipada materi Teorema Phytagoras untukisiswaikelas VIII SMP Negeri 3 Dawan yang layakiiiidalamiiiihaliiiikevalidan dan kepraktisan. Untukimenghasilkan bahaniajaritersebut, digunakan menggunakan model pengembanganii4D yaituiitahapiidifine, tahapidesign, tahapidevelop, dan tahapidisseminate, namun tahapan disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini karena terkendala kebijakan disetiap sekolah yang berbeda-beda sehingga tidak memungkin untuk dilakukan penyebaran produk secara lebih meluas. Subjek adalah guru matematika dan 15 siswa SMP Negeri 3 Dawan. Instrumeniiyangiidipergunakan dalamiipenelitianiiini adalah eksampler validasi, angket, wawancara, daniicatatan harian. AdapuniInstrumeniyangidipergunakan untuk mengukur validitasnya yaitu lembar validasi. Hasilnya menunjukkan, lembar kerja siswa tergolong kategori sangat akurat sebesar 0,84, kategori pegangan guru termasuk sangat valid dengan skor sebesar 0,92 dan hasil uji validitas rencana pelaksanaan pembelajaran dengan skor sebesar 0,72 dengan kategori valid. Sehingga tingkat validitas bahan ajar yang dikembangkan memenuhi tingkat validitas. Hasil penilaian kepraktisan produk oleh siswa yaitu sebesar 4,08 dengan kriteria tinggi dan hasil penilaian kepraktisan oleh guru adalah 4,48 termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Karena itu, tingkat kepraktisan materi ajar yang dikembangkan benar dan praktis dalam pembelajaran. Ciri-ciri eksampler tugas siswa adalah (1) Pada eksampler kerja siswa menekankan para siswa dalam penemuan bentuk teorema phytagoras, (2) Pada lembar kerja siswa ini memuat representasi gambar, verbal, benda semi konkret, table, persamaan yang matematis sehingga siswa mampu mengkontruksi pemahaman konsepnya sendiri, dan (3) Siswa dapat menuliskan kesimpulan dari lembar kerja siswa yang telah dikerjakan. Kata Kunci : Multi Representasi, Bahan Ajar, Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Multi Representasi, Bahan Ajar, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: I Gede Wirya Pangestu
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:37
Last Modified: 23 Feb 2022 06:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item