Ardika, I Ketut (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011050-COVER.pdf Download (646kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011050-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011050-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan flipped classroom terhadap literasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas dengan banyak siswa adalah 312 orang. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII B sebanyak 44 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebanyak 44 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data literasi matematika yang dikumpulkan menggunakan tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest dan postest pada kelas eksperimen adalah 34 dan 72 serta kelas kontrol 34 dan 63. Rata-rata skor posttest literasi matematika yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor posttest literasi matematika kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t independen dengan taraf signifikansi Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah . Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara literasi matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan flipped classroom terhadap literasi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi matematika, problem based learning, flipped classroom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Ketut Ardika |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:20 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10445 |
Actions (login required)
View Item |