PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DENPASAR

Ardika, I Ketut (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011050-COVER.pdf

Download (646kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011050-ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011050-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan flipped classroom terhadap literasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas dengan banyak siswa adalah 312 orang. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII B sebanyak 44 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebanyak 44 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data literasi matematika yang dikumpulkan menggunakan tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest dan postest pada kelas eksperimen adalah 34 dan 72 serta kelas kontrol 34 dan 63. Rata-rata skor posttest literasi matematika yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor posttest literasi matematika kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t independen dengan taraf signifikansi Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah . Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara literasi matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan flipped classroom terhadap literasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi matematika, problem based learning, flipped classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Ketut Ardika
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:20
Last Modified: 23 Feb 2022 07:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item