Arijaya, I Gusti Agung Oka (2022) Pengembangan media pemblajaran berbasis kartun untuk SLB Negeri 2 Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1513011080-COVER)
1513011080-COVER.pdf Download (498kB) |
|
Text (1513011080-ABSTRAK)
1513011080-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (1513011080-BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (1513011080-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011080-BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (1513011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (1513011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (1513011080-BAB 5 PENUTUP)
1513011080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (1513011080-DAFTAR PUSTAKA)
1513011080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (1513011080-LAMPIRAN)
1513011080-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain dan prototype media pembelajaran persamaan linier dua variabel berbasis kartun untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan model ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi terbatas serta evaluasi formatif (per-tahap) dan evaluasi sumatif secara terbatas. Data evaluasi materi dan media dikumpulkan dengan instrumen evaluasi yang diisi oleh ahli materi dan ahli media, data pemahaman siswa dikumpulkan dengan tes yang diberikan kepada siswa setelah mencoba media yang dikembangkan. Evaluasi media dilakukan oleh satu orang dosen jurusan matematika dan satu orang guru di SLB Negeri 2 Buleleng sebagai ahli materi, dosen teknologi pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, dan satu dosen jurusan matematika Universitas Pendidikan Ganesha sebagai ahli media, dan seorang guru dan 5 orang siswa SLB Negeri 2 Buleleng sebagai responden dalam implementasi terbatas. Hasil penelitian berupa desain media pembelajaran berbentuk storyboard yang kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 dengan karakteristik menggunakan penggabungan antara unsur teks, gambar, animasi, dan audio menjadi satu kesatuan dalam penyajian. Hasil evaluasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi unsur kelayakan, baik dari sisi materi maupun dari sisi media. Selanjutnya, respon guru maupun respon siswa menyatakan bahwa media sudah memenuhi persyaratan kepraktisan. Akhirnya, bila dilihat dari prestasi siswa, maka dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan sudah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, macromedia flash 8, media pembelajaran, persamaan linier dua variabel. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | I GUSTI AGUNG OKA ARIJAYA |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:33 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10446 |
Actions (login required)
View Item |