Setiawan, Nyoman Rudi (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERPENDEKATAN STEAM-PjBL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1411031399-COVER.pdf Download (536kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1411031399-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411031399-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411031399-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411031399-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031399-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031399-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411031399-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1411031399-LAMPIRAN.pdf Download (653kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL pada tema 8 lingkungan sahabat kita muatan ipa kelas V sekolah dasar yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, biaya, sumber daya, dan tenaga, pada penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksankan. perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL dijadikan sebagai subjek pada penelitian ini, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen dan dua orang guru sebagai ahli. Data validitas media yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas media pop-up book. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL yang sudah teruji validitasnya dengan skor rata-rata 4,55-4,625 yang termasuk kategori “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nyoman Rudi Setiawan |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:20 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10482 |
Actions (login required)
View Item |