PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MATERI PENGENALAN BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 17 PEMECUTAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Prayoga, Titus (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MATERI PENGENALAN BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 17 PEMECUTAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031087-COVER.pdf

Download (921kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031087-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031087-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan e-LKPD interaktif materi pengenalan bangun datar berbasis etnomatematika peserta didik kelas I SD Negeri 17 Pemecutan, Denpasar dan mengetahui kelayakan e-LKPD interaktif materi pengenalan bangun datar berbasis etnomatematika peserta didik kelas I SD Negeri 17 Pemecutan, Denpasar. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 30 peserta didik kelas IB SD Negeri 17 Pemecutan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki langkah-langkah kegiatan yang sistematis dan terdapat evaluasi pada setiap tahapannya. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan dua teknik analisis data, yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk e-LKPD interaktif, meliputi hasil: (a) rancang bangun pengembangan e-LKPD interaktif materi pengenalan bangun datar berbasis etnomatematika, yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi; (b) hasil uji coba produk meliputi: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 94,64%, dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 97,50% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 97,05%, dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) hasil penilaian peserta didik melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor 90,14%, dengan kualifikasi sangat baik. (5) hasil penilaian peserta didik melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 92,16% dengan kualifikasi sangat baik. (6) hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 90,29%, dengan kualifikasi sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif materi pengenalan bangun datar berbasis etnomatematika pada layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Interaktif, Bangun Datar, Etnomatematika, Budaya Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Titus Prayoga
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:08
Last Modified: 24 Feb 2022 04:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item