PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MAGNET KELAS VI DI SD 3 JIMBARAN BADUNG

Adriyani, Ni Luh Dian (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MAGNET KELAS VI DI SD 3 JIMBARAN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031207-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031207-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031207-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031207-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031207-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031207-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031207-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031207-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031207-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Terbatasnya waktu guru membuat media pembelajaran mengakibatkan siswa merasa lebih cepat bosan dan sebanyak 50% siswa kelas VI tidak ikut untuk terlibat aktif saat belajar IPA terlebih lagi pada materi yang masih dianggap abstrak oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis inquiry learning pada materi magnet kelas VI dalam bentuk aplikasi android sederhana dan praktis. Penelitian pengembangan ini mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan model ppengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan terakhir 5) Evaluation. Adapun subjek penelitian ini yang melibatkan ahli isi, ahli desain, ahli media pembelajaran serta siswa kelas VI SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk layak digunakan pada proses pembelajaran IPA kelas VI. Hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar (94,6%) dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar (95%) dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar (98%) dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar (89,16%) dengan kualifikasi baik. Hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar (98,26%) dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan ini dapat memotivasi siswa untuk belajar IPA pada materi yang masih abstrak menurut siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Pengembangan, IPA, Inqiry Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Dian Adriyani
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:12
Last Modified: 24 Feb 2022 04:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item