PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD NO 3 SIBANGGEDE

Sari, Ni Putu Ashya Paramitha (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD NO 3 SIBANGGEDE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031010-COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031010-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031010-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS karena media ajar yang tersedia sangat terbatas. Didalam pembelajaran jarak jauh seperti ini sangat diperlukannya media ajar yang interaktif dan dapat meningkatkan pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ajar interaktif berbasis STEAM pada pelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli isi mata pelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yaitu tes objektif dan non tes yaitu angket kuisioner. Hasil penelitian didapatkan dari hasil uji ahli isi mata pelajaran yaitu 89.58%, uji desain pembelajaran 96.42%, uji ahli media pembelajaran 93.75%. uji perorangan 92.5%, uji kelompok kecil 91.66%, dan uji lapangan 86.1%. Dari hasil penelitian, media ajar berbasis STEAM baik digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini menghasilkan media ajar interaktif berbasis STEAM untuk dapat meningkatkan pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media ajar, Pembelajaran IPS, STEAM.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ashya Paramitha Sari
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:04
Last Modified: 24 Feb 2022 07:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10551

Actions (login required)

View Item View Item