Sari, Ni Putu Ashya Paramitha (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD NO 3 SIBANGGEDE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031010-COVER.pdf Download (685kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031010-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS karena media ajar yang tersedia sangat terbatas. Didalam pembelajaran jarak jauh seperti ini sangat diperlukannya media ajar yang interaktif dan dapat meningkatkan pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ajar interaktif berbasis STEAM pada pelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli isi mata pelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yaitu tes objektif dan non tes yaitu angket kuisioner. Hasil penelitian didapatkan dari hasil uji ahli isi mata pelajaran yaitu 89.58%, uji desain pembelajaran 96.42%, uji ahli media pembelajaran 93.75%. uji perorangan 92.5%, uji kelompok kecil 91.66%, dan uji lapangan 86.1%. Dari hasil penelitian, media ajar berbasis STEAM baik digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini menghasilkan media ajar interaktif berbasis STEAM untuk dapat meningkatkan pembelajaran yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media ajar, Pembelajaran IPS, STEAM. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ashya Paramitha Sari |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:04 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10551 |
Actions (login required)
View Item |