PENERAPAN PEREGANGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DAPAT MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN MENINGKATKAN KONSENTRASI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Ayustina, Putu Mila (2020) PENERAPAN PEREGANGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DAPAT MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN MENINGKATKAN KONSENTRASI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613031059-COVER.pdf

Download (468kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041059-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041059-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan peregangan dapat menurunkan keluhan muskuloskeletal dan meningkatkan konsentrasi serta kontribusinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian eksperimental semu (quasi eksperimental) ini menggunakan rancangan randomized pre and post test group design. Populasi pada penelitian ini ada dua, yaitu populasi target adalah semua peserta didik di SMA Negeri 1 Singaraja, Provinsi Bali dan populasi terjangkau adalah peserta didik kelas X IPA yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria ekslusi sebanyak 150 orang. Penelitian ini menggunakan 35 sampel peserta didik. Variabel terikat yang diteliti adalah keluhan muskuloskeletal dan konsentrasi belajar peserta didik yang didata dengan kuesioner Nordic Body Map dan kuisionr konsentrasi belajar. Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan selama 6 (enam) hari pada Periode I dan Periode II. Pada Periode I tidak diberikan peregangan, dan pada Periode II diberikan peregangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-paired pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan keluhan muskuloskeletal sebesar 35,22% dan peningkatan konsentrasi belajar peserta didik sebesar 89,80% (p < 0,05), namun keluhan muskuloskeletal dan konsentrasi belajar tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik karena kontribusinya hanya sebesar 3,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peregangan menurunkan keluhan musculoskeletal dan meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peregangan, keluhan muskuloskeletal, konsentrasi belajar, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Putu Mila Ayustina
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:28
Last Modified: 21 Feb 2020 04:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item