PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V DI SD NO. 3 SIBANGGEDE

Riyani, Ni Luh Venny Eka (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V DI SD NO. 3 SIBANGGEDE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031283-COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031283-ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031283-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031283-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031283-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031283-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031283-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031283-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031283-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu adanya penggunaan LKPD yang belum maksimal dalam proses pembelajaran. LKPD yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hanya bersumber dari buku penunjang. LKPD yang demikian tidak bersifat interaktif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar muatan IPS peserta didik kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes objektif dan metode non tes berupa wawancara tidak terstruktur, observasi dan kuesioner. Digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t sample dependent) guna menganalisis data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu pengembangan LKPD interaktif berbasis STEAM yang menggunakan model ADDIE, hasil uji kelayakan LKPD berdasarkan hasil review ahli isi mata pelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran sebesar 87,50% dengan kualifikasi baik, hasil review ahli media pembelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba lapangan sebesar 88,40% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh t_hitung=3 dengan db=n-1 =25-1=24, t_tabel signifikansi 5%=1,711 maka terlihat bahwa t_hitung ≥ t_tabel. Sehingga H_0 di tolak H_1 diterima. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar muatan IPS antara sebelum dan sesudah menggunakan LKPD interaktif berbasis STEAM kelas V SD No. 3 Sibanggede. Sehingga LKPD interaktif berbasis STEAM efektif meningkatkan hasil belajar muatan IPS kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interaktif, IPS, LKPD, STEAM.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Venny Eka Riyani
Date Deposited: 24 Feb 2022 12:07
Last Modified: 24 Feb 2022 12:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

View Item View Item