THE EFFECTS OF PATTERN TECHNIQUE ON THE STUDENTS’ WRITING COMPETENCY VIEWED FROM TEXT TYPES AT SMP WIDYA SAKTI DENPASAR

WIRAYUDA, I GUSTI AGUNG (2022) THE EFFECTS OF PATTERN TECHNIQUE ON THE STUDENTS’ WRITING COMPETENCY VIEWED FROM TEXT TYPES AT SMP WIDYA SAKTI DENPASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1529081057-COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1529081057-ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1529081057-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1529081057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1529081057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1529081057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1529081057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1529081057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1529081057-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wirayuda, I Gusti Agung (2017) Pengaruh Teknik Pola Terhadap Kompetensi Menulis Siswa Dilihat Dari Jenis Teks pada Siswa Kelas VII SMP Widya Sakti Denpasar. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah diawasi dan disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Prof. Dr. Dewa Komang Tantra, Dip, App, Ling, M.Sc, Ph.D dan pembimbing II: Prof. Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A Istilah Kunci: Teknik Pola, Kompetensi Menulis, Deskriptif dan Narasi Teks. Tujuan penelitian saat ini adalah untuk menganalisis pengaruh Teknik Pola pada kompetensi menulis siswa kelas tujuh di seluruh jenis teks di SMP. Penelitian ini menggunakan Two-Control-Group Experimental Design dengan pengaturan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian termasuk semua siswa kelas tujuh di Sekolah Menengah Pertama Widya Sakti Denpasar. Dua kelas sampel dipilih secara acak dan secara acak ditugaskan ke kelompok eksperimen dan kontrol. Data tentang kompetensi menulis siswa dikumpulkan dengan cara menulis penilaian kinerja sebagai satu-satunya instrumen. Data dianalisis terlebih dahulu secara deskriptif menggunakan ukuran kecenderungan dan dispersi pusat. Analisis lebih lanjut dilakukan secara inferensial menggunakan One-Way ANOVA. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Teknik Pola berpengaruh signifikan terhadap kompetensi menulis deskriptif dan narasi siswa kelas tujuh (Fratio = 41,228; Fcv = 0,01). Teknik Pola berpengaruh berbeda pada kompetensi menulis siswa ketika mereka menulis teks deskriptif dan naratif. Temuan penelitian menyiratkan perlunya menyediakan proses pembelajaran EFL dengan alat yang efektif, sehingga siswa memiliki perancah atau pola dalam menggambarkan dan menceritakan orang, hewan, benda, pengalaman, kecelakaan, atau insiden dll. Ini juga tersirat pada EFL guru untuk meminimalkan dominasi dalam proses pembelajaran dan menggunakan kreativitas dan keterlibatan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknik Pola, Kompetensi Menulis, Deskriptif dan Recoun Teks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Gusti Agung Wirayuda
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:03
Last Modified: 07 Mar 2022 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item