Suryandewi, Ni Wayan Rizky (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DWIBAHASA BALI-INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBELAJARAN BAHASA BALI MATERI SATUA BALI SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANJAR ANYAR KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031176-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031176-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031176-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (515kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031176-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031176-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031176-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031176-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031176-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (494kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031176-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal materi satua Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar, (2) untuk mengetahui kelayakan buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal materi satua Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar, dan (3) untuk mengetahui efektivitas buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal materi satua Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuisioner, dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) Rancang bangun berupa buku cerita bergambar cetak yang menggunakan dwibahasa Bali dan Indonesia dengan basis kearifan lokal yang perancangannya melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) Buku cerita bergambar ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 98,44 %, uji ahli media pembelajaran sebesar 98 %, uji ahli desain pembelajaran sebesar 100 %, uji coba perorangan oleh guru sebesar 98,75 %, uji coba perorangan oleh siswa sebesar 99,2 %, uji coba kelompok kecil sebesar 97,8 %, dan uji coba lapangan sebesar 96,87 % yang keseluruhan persentase skornya dengan kriteria sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji-t dengan n = 20 diperoleh bahwa nilai thitung = 6,689 sedangkan nilai ttabel = 2,086 dengan taraf signifikansi 5 %. Berarti nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal efektif diterapkan pada pembelajaran bahasa Bali materi satua Bali di kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, Dwibahasa, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Rizky Suryandewi |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10616 |
Actions (login required)
View Item |