PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DWIBAHASA BALI-INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBELAJARAN BAHASA BALI MATERI SATUA BALI SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANJAR ANYAR KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Suryandewi, Ni Wayan Rizky (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DWIBAHASA BALI-INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBELAJARAN BAHASA BALI MATERI SATUA BALI SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANJAR ANYAR KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031176-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031176-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031176-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (515kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031176-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031176-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031176-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031176-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031176-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031176-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal materi satua Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar, (2) untuk mengetahui kelayakan buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal materi satua Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar, dan (3) untuk mengetahui efektivitas buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal materi satua Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuisioner, dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) Rancang bangun berupa buku cerita bergambar cetak yang menggunakan dwibahasa Bali dan Indonesia dengan basis kearifan lokal yang perancangannya melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) Buku cerita bergambar ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 98,44 %, uji ahli media pembelajaran sebesar 98 %, uji ahli desain pembelajaran sebesar 100 %, uji coba perorangan oleh guru sebesar 98,75 %, uji coba perorangan oleh siswa sebesar 99,2 %, uji coba kelompok kecil sebesar 97,8 %, dan uji coba lapangan sebesar 96,87 % yang keseluruhan persentase skornya dengan kriteria sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji-t dengan n = 20 diperoleh bahwa nilai thitung = 6,689 sedangkan nilai ttabel = 2,086 dengan taraf signifikansi 5 %. Berarti nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal efektif diterapkan pada pembelajaran bahasa Bali materi satua Bali di kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, Dwibahasa, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Rizky Suryandewi
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:13
Last Modified: 20 Apr 2022 01:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item