Cahyani, Ni Made Sistha (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V di SD No. 5 Abiansemal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031139-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031139-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031139-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031139-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031139-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031139-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031139-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031139-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031139-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Dilaksanakannya penelitian pengembangan ini karena kurangnya media pembelajaran guna mendukung kegiatan pembelajaran siswa dalam memahami materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia muatan IPS Kelas V SD. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan berupa rancang bangun media pembelajaran interaktif menggunakan model ADDIE, dan kelayakan media pembelajaran interaktif memperoleh hasil penilaian meliputi: (a) ahli isi pembelajaran sebesar 77,08% dengan kualifikasi baik, (b) ahli desain pembelajaran sebesar 91,66%, (c) ahli media pembelajaran sebesar 92,30%, (d) hasil uji coba perorangan sebesar 92,50%, serta (e) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95,36% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sistha Cahyani |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10642 |
Actions (login required)
View Item |