Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V di SD No. 5 Abiansemal

Cahyani, Ni Made Sistha (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V di SD No. 5 Abiansemal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031139-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031139-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031139-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031139-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031139-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031139-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031139-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031139-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031139-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Dilaksanakannya penelitian pengembangan ini karena kurangnya media pembelajaran guna mendukung kegiatan pembelajaran siswa dalam memahami materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia muatan IPS Kelas V SD. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan berupa rancang bangun media pembelajaran interaktif menggunakan model ADDIE, dan kelayakan media pembelajaran interaktif memperoleh hasil penilaian meliputi: (a) ahli isi pembelajaran sebesar 77,08% dengan kualifikasi baik, (b) ahli desain pembelajaran sebesar 91,66%, (c) ahli media pembelajaran sebesar 92,30%, (d) hasil uji coba perorangan sebesar 92,50%, serta (e) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95,36% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, IPS
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Sistha Cahyani
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:23
Last Modified: 16 Jun 2022 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item View Item