PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SEKOLAH DASAR

Pratiwi, Ni Putu Shelia (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031036-COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031036-ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031036-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini yaitu e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media dan dua orang dosen sebagai ahli materi, sedangkan lembar penilaian kepraktisan diisi oleh dua orang guru/praktisi dan sepuluh orang siswa. Data validitas dan kepraktisan produk yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui skor validitas dan kepraktisannya. Hasil penelitian menyatakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita yang telah dikembangkan memperoleh skor validitas dari ahli media sebesar 95% dan skor dari ahli materi sebesar 90,5% sedangkan skor kepraktisan dari praktisi/guru sebesar 96,5% dan skor respon siswa sebesar 91,5% sehingga dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, e-LKPD, Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Shelia Pratiwi
Date Deposited: 25 May 2022 02:15
Last Modified: 25 May 2022 02:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item