PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS IV SD NO. 1 DARMASABA TAHUN AJARAN 2021/2022

Gayatri, Ida Ayu Kade Ditha (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS IV SD NO. 1 DARMASABA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031114-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031114-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031114-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031114-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031114-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031114-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031114-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031114-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031114-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh keterbatasan guru pada penggunaan media pembelajaran yang tepat pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual dan (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual. Rancang bangun yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE ((Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Uji rancang bangun produk dilakukan oleh beberapa ahli dan siswa yang meliputi (1) 1 ahli isi pembelajaran, (2) 1 ahli desain pembelajaran, (3) 1 ahli media pembelajaran, (4) 3 orang siswa uji coba perorangan, dan (5) 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian pengembangan media audio visual yaitu layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan persentase kelayakan media audio visual menurut ahli isi pembelajaran yaitu sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase kelayakan media audio visual menurut ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. persentase kelayakan media audio visual menurut ahli media pembelajaran yaitu sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Tingkat persentase kelayakan menurut uji coba perorangan yaitu sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Tingkat persentase kelayakan menurut uji coba kelompok kecil yaitu sebesar 94,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV SD No. 1 Darmasaba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Kade Ditha Gayatri
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:23
Last Modified: 13 Jun 2022 04:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item