PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING KELAS VI SD NEGERI 4 GUBUG

Putri, Putu Arlinda Gautama (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING KELAS VI SD NEGERI 4 GUBUG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031175-COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031175-ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031175-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (550kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031175-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031175-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031175-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031175-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031175-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031175-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan media video animasi pada pokok bahasan sistem tata surya muatan ilmu pengetahuan alam berorientasi Problem Based Learning kelas VI SD Negeri 4 Gubug, (2) untuk mengkaji kelayakan media video animasi pada pokok bahasan sistem tata surya muatan ilmu pengetahuan alam berorientasi Problem Based Learning kelas VI SD Negeri 4 Gubug. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode kuesioner/angket. Hasil penelitian dalam pengembangan ini yaitu (1) Rancang bangun pengembangan media video animasi yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (a) tahap analisis kebutuhan, (b) tahap desain, (c) tahap pengembangan, (d) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi, (2) Media video animasi ini dinyatakan layak yang berdasarkan atas hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran yang memperoleh hasil sebesar 90%, hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran yang memperoleh hasil sebesar 90%, hasil penilaian uji ahli media pembelajaran yang memperoleh hasil sebesar 90,62%, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 93,74%, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 93,51% yang dimana secara keseluruhan dapat dikualifikasikan menjadi sangat baik, sehingga akhirnya dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi pokok bahasan sistem tata surya muatan ilmu pengetahuan alam berorientasi Problem Based Learning kelas VI SD Negeri 4 Gubug efektif dalam pembelajaran kelas VI SD Negeri 4 Gubug.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Problem Based Learning, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Arlinda Gautama Putri
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:31
Last Modified: 13 Jun 2022 04:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item