Wulandari, Luh Putu Mekar (2022) Pengembangan Media Komik Literasi Berbasis Kontekstual Pada Materi Hak dan Kewajiban Muatan PPKn Kelas V SD Nomor 5 Abiansemal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031147-COVER.pdf Download (667kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031147-ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031147-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031147-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 MATODELOGI PENELITIAN)
1811031147-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031147-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031147-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031147-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031147-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan pelaksanaannya dilatar belakangi kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, kurangnya ketersediaan buku ajar tematik yang menyebabkan siswa kurang dapat memahami materi pembelajaran dengan baik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan dari produk yang dikembangkan yaitu media komik literasi berbasis kontekstual materi hak dan kewajiban muatan PPKn kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Untuk menumpulkan data pada penelitian ini menggunakan metode non tes berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil uji kelayakan pada media komik literasi mendapatkan persentase 92,18% untuk ahli media pembelajaran dan 97,91% untuk ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan untuk ahli disain pembelajaran mendapatkan 89,58% dengan kualifikasi baik. Uji coba perorangan mendapat persentase 90,14% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil mendapat persentase 94,41% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan media komik literasi berbasis kontekstual materi hak dan kewajiban muatan PPKn kelas V layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media komik literasi, ADDIE, kontekstual, PPKn. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Mekar Wulandari |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:05 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10739 |
Actions (login required)
View Item |