Artini, Ni Wayan Nik Sri (2022) Penggubahan Media Komik Cetak Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan IPS Materi Faktor Keberagaman Sosial Budaya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV di SD Kota Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031045-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031045-ABSTRAK.pdf Download (725kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031045-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun penggubahan media komik cetak berbasis pendekatan kontekstual muatan IPS tema 1 subtema 3 kelas IV bagi siswa kidal, (2) untuk mengetahui kelayakan penggubahan media komik cetak berbasis pendekatan kontekstual muatan IPS tema 1 subtema 3 kelas IV bagi siswa kidal, dan (3) untuk mengetahui efektivitas penggubahan media komik cetak berbasis pendekatan kontekstual muatan IPS tema 1 subtema 3 kelas IV terhadap kemampuan literasi siswa kidal. Model pengembangan yang digunakan yaitu Hannafin and Peck. Subjek penelitian meliputi ahli isi, desain dan media pembelajaran, serta 15 siswa kidal. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, serta angket. Penilaian uji ahli isi, desain dan media pembelajaran berturut-turut memperoleh persentase sebesar 98,21%, 95,83%, dan 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba kepada siswa meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan masing-masing memperoleh persentase sebesar 92,50%, 91,67% dan 91,50% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dilakukan untuk mengukur kemampuan literasi siswa kidal sebelum dan sesudah penggunaan media yang dikembangkan, dengan mengadakan tes 1 (pre-test) dengan rata-rata skor sebesar 78,9 dan tes 2 (post-test) dengan rata-rata skor sebesar 84,3. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dependen diperoleh bahwa nilai thitung (8,4731) lebih besar dari ttabel (2,475) pada N=15 dengan dengan taraf signifikansi 5% (0,005). Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga penggubahan media komik cetak berbasis pendekatan kontekstual muatan IPS tema 1 subtema 3 kelas IV efektif meningkatkan kemampuan literasi pada siswa kidal di SD Kota Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kidal, komik, pendekatan kontekstual, literasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Nik Sri Artini |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:39 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10756 |
Actions (login required)
View Item |